Powered by Blogger.
RSS

Kenangan Hari BakCang

Lama sudah rasanya gw gak ngeblog...dan hari ini tiba2 teringat kembali ke masa dimana gw masih kecil dulu, dan ingin menyimpannya didalam blog gw ini...

Hari ini, adalah hari Perayaan Perahu Naga (Pe Cun) atau orang lebih kenal dengan hari BakCang...
sejak dari kemarin, perasaan dan ingatan gw kembali ke masa dimana gw kecil dulu, setiap hari bikin BakCang semua anak perempuan dan menantu dikeluarga gw berkumpul untuk membuat BakCang, dan di sekolah gw pun ramai dengan berbagai perayaan.

Hari membuat BakCang adalah hari yang sangat menyenangkan bagi gw, karena selain Mami gw berada dirumah untuk membantu Nenek gw dirumah, gw pun selalu men-tester semua jenis BakCang yang baru mateng...dan itu merupakan suatu kenangan yang indah, dan dimana setiap BakCang gw selalu merequest BakCang kesukaan gw, yaitu BakCang Ketan yang berisi Daging B2, jamur, kacang bunga teratai, dan telor asin...

Malam hari kami semua makan BakCang yang baru mateng, betapa nikmatnya dan biasanya gw sudah kekenyangan gara2 gw yang selalu mencicipin BakCang2 yang baru mateng, dan semua keluarga pasti akan mengejek2 bercanda kepada gw,,,hahahahaa...

Sembayang BakCang adalah pagi2, dimana matahari belum terbit, dan kebiasaan gw waktu kecil adalah bersama sepupu gw bangun pagi2, dan selalu menjadi kebiasaan gw, yaitu susah untuk bangun pagi2, dan maka setiap hari BakCang itu sepupu gw selalu nginap dirumah gw khusus untuk bangunin gw pagi2 untuk pergi ke Vihara Padumuttara, biasanya setiap Perayaan Pe Cun, di Vihara selalu membagikan Air, dan selalu banyak orang yang pengin mengambil air tesebut...

Gw sama sepupu gw pun gak mau ketinggalan sama yang laen untuk mendapatkan air tersebut, yang konon kata orangtua2, air dan tumbuh2an pada hari Pe Cun atau Bak Cang akan menjadi obat.
Setelah mendapatkan air tersebut, kami pun pulang dan bergegas mandi, katanya klo anak kecil/muda mandi pagi2 akan menjadi awet muda dan sehat selalu..maka gw yang waktu masih kecil pun percaya saja, dan selalu perebutan sama sepupu gw untuk mandi..

Setelah mandi, acara selanjutnya adalah makan BakCang dan selama seharian itu bahkan sampai keesokan harinya pasti akan makan BakCang terus...dan setelah makan BakCang siang harinya biasanya Nenek gw menggantungan daun pandan (klo gak salah) dan Kue Cang disetiap pintu yang berada dirumah, gw pun sampai sekarang gak tau maksudnya untuk apa itu...hehehheee...

Biasanya jam 11 menjelang jam 12 siang, kami membuat pertandingan mendirikan telor ayam dibawah matahari, dan siapa yang paling cepat berdirikan telor ayam, akan mendapatkan hadiah..macem2 hadiah yang diberikan...
Selesai pertandingan, biasanya Papi gw mengajak gw pergi ke kali cisadane, karena disana ada Festival Cisadane, yaitu perlombaan Perahu Naga dan berbagai hiburan...

Yaaahhh...itu lah kenangan yang sangat indah, dan pada hari ini..gw sangat-sangat merindukan moment2 seperti itu lagi...
walaupun kini mungkin gw sudah tidak bisa merasakan hal seperti itu,paling tidak gw masih mempunyai kenangan dan bisa melewatkan masa2 indah seperti itu...^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

ubinkayu said...

nice post, btw itu telor apa memang bener bisa berdiri???

~putrianti_dhini~ said...

@ ubinkayu : terima kasih...^^
yupz beneran bisa kok...tapi sayang hari ini hujan terus, maka saya tidak melakukan acara berdiriin telur...:D

Post a Comment