Powered by Blogger.
RSS

Menyambut IMLEK




Gak kerasa yah bentar lagi dah mau Imlek...

Hmmm...IMLEK....

Kenapa ketika gw mendengar kata IMLEK gw gak merasakan fell dan gak bersemangat yah, gak seperti tahun2 sebelumnya, masih teringat jelas dalam ingatan gw kesibukan dalam menyambut IMLEK, tapi gw merasa sekarang rasanya biasa aja, klo ditanya mengapa pun, gw bingung untuk menjelaskannya...(@_@)

Ada teman dan keluarga gw yang bertanya sama gw...
"Lo dah belanja apa aja dhin buat IMLEK???"
dan gw menjawab...
"Lom ada..."

Tapi dibalik ketidak semangatan gw dalam menyambut IMLEK kali ini, gw juga tetap memanjatkan puji syukur dan terima kasih kepada Tuhan dan Sang Triratna, karena gw masih bisa berkumpul ditengah2 keluarga gw, yah walaupun ini sudah memasukin tahun ke 2 setelah ditinggal sama ingah (adik perempuan dari nyokab), nenek (mama dari bokap), dan Mami gw sendiri.

Sudahlah kita jangan bersedih2 dalam menyambut IMLEK, biarkan yang sudah pergi, dan kita yang masih hidup mendoakan saja semoga mereka yang telah mendahulukan kita berbahagia dan terlahir dialam yang berbahagia.

OK...SEMANGAT...SEMANGAT...



Biasanya kegiatan yang gw lakukan untuk mempersiapkan IMLEK adalah :
=============================================================
Sebelum Toapekong Naik (sekitar 2mingguan sebelum IMLEK) :
1. Membersihkan rumah sebelum Toapekong Naik
2. Membersihkan Altar/Abu leluhur sebelum Toapekong Naik
3. Membuat Kue kering, lebih tepatnya seh bukan gw yang buat.

Dua hari sebelum IMLEK :
1. Belanja beli ikan dan buah2an
2. Masak untuk sembayang leluhur

Sehari sebelum IMLEK :
1. Bangun pagi2 untuk beli kue dan masak
2. Mempersiapkan makanan yang telah dimasak untuk ditaruh di Altar/abu leluhur
3. Sembayang leluhur

Malam IMLEK :
1. Mandi
2. Menggunakan baju baru dengan warna merah
3. Makan Malam bersama
4. Sembayang ke Vihara mengucapkan syukur selama setahun ini sampai jam 12 malam
5. Bergadang sambil merapikan ruang tamu (Konon katanya, klo malam imlek bergadang bisa awet muda)

IMLEK :
1. Bangun pagi2 untuk pergi kemakam nenek dan kakek gw
2. Antri kamar mandi
--kenapa antri?? karena sudah menjadi tradisi klo imlek om, tante, dan sepupuh gw pada pulang dan menginap kerumah gw, coz rumah gw itu rumah tua, dan kenapa juga pagi2?? karena tradisi dirumah gw juga, siapa yang bangunnya paling pagi dan Kiong Hi (mengucapkan selamat tahun baru) duluan, akan mendapatkan angpao yang isinya paling gede, dan angpao dirumah gw juga ada jamnya..diatas jam 8 angpao sudah tidak akan dikeluarkan lagi alias GAK DAPAT ANGPAO...:((

3. Sembayang ke Altar/abu leluhur untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek
4. Kiong Hi sama orangtua masing2 : Mami, Papi
5. Kiong Hi sama Om dan Tante
6. Kiong Hi sama sepupuh2
7. Berkunjung kerumah nenek gw yang dari nyokab
Pada dasarnya seh sama yah di rumah gw ato di rumah nenek dari nyokab..yang membedakan biasanya dirumah nenek dari nyokab biasanya siang dan menunggu semua anggota keluarga berkumpul dan dilanjutkan makan siang bersama, bercerita selama setahun ini, memberikan angpao.

8. Pada hari kedua baru, berkunjung kerumah kerabat dan sahabat

Semoga dengan gw menuliskan dan mengingat kembali IMLEK ditahun-tahun sebelumnya, akan memunculkan semangat gw kembali untuk menyambut IMLEK kali ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment